Economics and Digital Business Review
Vol. 5 No. 1 (2024): Agustus - January

Meningkatkan Retensi Pelanggan Paket Data Internet Telkomsel di Kota Gorontalo melalui Strategi Customer Relationship Management (CRM).

Abdul Azis S. Bratan (Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Gorontalo)
Hapsawati Taan, Yulinda L. Ismail (Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Customer Retention (Studi pada Pengguna Paket Data Telkomsel di Kota Gorontalo). Teknik Pengambilan Sampel Menggunakan Purposive Sampling yaitu sebanyak 97 orang. Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian ini Menggunakan Kuesioner yang dibagikan melalui google form Kepada Pengguna Paket Data Telkomsel di Kota Gorontalo. Alat uji Analisis yang digunakan dalam menguji Penelitian ini yaitu Analisis Regresi Linier Sedernhana. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa Hasil Uji t (parsial) Customer relationship management berpengaruh terhadap Customer retention ditunjukkan dengan nilai thitung 11.103 > ttabel 1.661, dengan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 56,5% dikategori tinggi, maka disimpulkan bahwa CRM berpengaruh terhadap Customer Retention, sedangkan sisanya 43,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam Penelitian ini seperti Variabel Harga, Kepuasan Pengguna, Kemudahan Penggunaan, dan Sale.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...