J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): J-PiMat

Analisis Kesalahan Fong Siswa Tipe Reflektif dalam Penyelesaian Masalah Transformasi Geometri

Ainun Nabilah (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Toto’ Bara Setiawan (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Lela Nur Safrida (Universitas Jember)
Titik Sugiarti (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)
Randi Pratama Murtikusuma (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Masalah merupakan bagian dari kehidupan baik bersumber dari dalam diri maupun lingkungan. Pada pembelajaran matematika, siswa banyak mengalami kesulitan dalam pemahaman konsep dan penerapan prinsip selama menyelesaikan masalah. Adanya kesulitan ini membuat siswa mengalami kesalahan. Kesalahan yang dibuat oleh siswa dalam penyelesaian masalah matematika dapat dijadikan gambaran mengenai sejauh mana pemahaman siswa atas pokok bahasan tertentu, sehingga analisis kesalahan perlu dilakukan. Terdapat banyak faktor yang mendorong siswa untuk membuat kesalahan dalam proses pemecahan masalah, salah satunya adalah gaya kognitif. Gaya kognitifterbagi menjadi gaya kognitif impulsif dan reflektif. Transformasi geometri merupakanpokok bahasan geometri yang dipelajari di sekolah, akan tetapi masih banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri. Berdasarkan haltersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa bergaya kognitifreflektif dalam menyelesaikan masalah transformasi geometri dengan menggunakan analisis kesalahan Fong’s Schematic Model for Error Analysis. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 3 Jember dengan gaya kognitif tipe reflektif yang telah diseleksi. Data dikumpulkan dengan metode tes dan wawancara. Hasilnya, siswa tipe reflektif melakukan kelima kategori kesalahan fong tingkat pertama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...