J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): J-PiMat

Implementasi Teori Bruner untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Asepk Kognitif

Addaliananda Beta Yustika (Universitas Tanjungpura Pontianak)
Ariani Hesti (SMP Negeri 19 Pontianak)
Mirza Ade (Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilandasi hasil survei yang menunjukkan hasil tes matematika siswa masih rendah. Disusunlah penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusunya kelas VII F SMP Negeri 19 Pontianak melalui implementasi teori belajar Bruner. PTK dilaksanakan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart sebanyak 2 siklus. Untuk memperoleh data digunakan tes tertulis berbentuk uraian dan diperoleh hasil pada siklus terakhir rata-rata klasikal Siswa mencapai 76,33 dengan presentase siswa yang memperoleh skor di atas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah 66,67%. Siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata klasikal sebesar 8,09 dan siklus 2 serta juga terjadi peningkatan persentase siswa yang memperoleh skor di atas KKTP siklus 1 sebesar 25,5 % dan siklus 2 sebesar 26,05 % jika dibandingkan dengan sebelum tindakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui implenamun teori Bruner namun belum optimalPenelitian ini dilandasi hasil survei yang menunjukkan hasil tes matematika siswa masih rendah. Disusunlah penelitian tindakan kelas (PTK) ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusunya kelas VII F SMP Negeri 19 Pontianak melalui implementasi teori belajar Bruner. PTK dilaksanakan mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart sebanyak 2 siklus. Untuk memperoleh data digunakan tes tertulis berbentuk uraian dan diperoleh hasil pada siklus terakhir rata-rata klasikal Siswa mencapai 76,33 dengan presentase siswa yang memperoleh skor di atas kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah 66,67%. Siklus 1 terjadi peningkatan nilai rata-rata klasikal sebesar 8,09 dan siklus 2 serta juga terjadi peningkatan persentase siswa yang memperoleh skor di atas KKTP siklus 1 sebesar 25,5 % dan siklus 2 sebesar 26,05 % jika dibandingkan dengan sebelum tindakan. Dengan demikian, dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa melalui implenamun teori Bruner namun belum optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...