J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): J-PiMat

Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun Ruang

Amam Taufiq Hidayat (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Berpikir kreatif dan kemandirian belajar matematis siswa tergolong belum maksimal digali pada diri siswa dalam pembelajaran dengan fokus utama pada guru. Sehingga diperlukan model pembelajaran yang melibatkan aktivitas berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian posttest only group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nisam. Dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling maka didapat siswa kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pemberian posttest kemampuan berpikir kreatif matematis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menganalisis tes kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan t-tes dengan bantuan software SPSS 25 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh sig. hasil pengujian data kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,000. Berdasarkan kriteria uji hipotesis disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi bangun ruang di SMP Negeri 1 Nisam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...