Literasi media merupakan kebutuhan dasar anak yang berkembang secara alami seiring dengan meningkatnya kebutuhan belajar, dan berkomunikasi terkait pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kemampuan literasi media siswa Tunanetra Sekolah Dasar SLB Mandara sebagai upaya mendukung pengembangan membaca di kalangan anak-anak. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan literasi media dalam upaya mendukung pengembangan membaca pada siswa Tunanetra di SLB Mandara yaitu pihak sekolah maupun guru telah menyediakan media Braille dan alat media Reglet sesuai dengan kebutuhan jenis siswa kecacatan Tunanetra, dapat diketahui bahwa literasi media dalam hal ini proses metode pengajaran yang di pakai telah berhasil dalam upaya membangun minat membaca, kreativitas siswa Tunanetra dengan menggunakan media Braille dan alat Reglet.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023