Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi guru untuk meningkatkan Pendidikan kualitas Pendidikan terhadap peserta didik di Madrasah Aliyah DDI Pattojo Kabupaten Soppeng. persoalan yang di hadapi oleh pihak penyelenggara Madrasah Aliyah DDI Pattojo merupakan hal umum seperti kurangnya motivasi belajar peserta didik, ditandai oleh nilai raport yang rata standar, termasuk kondisi proses pembelajaran masih kerap ditemukan peserta didik yang mencerminkan fenomena malas, bosan dan lain-lain. Metode penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian adalah peserta didik, guru dan kepalasa Madrasah di Madrasah Aliyah DDI Pattojo yang berlokasi di Kecamatan Liliriaja Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan. Teknik analisis datanya secara bertahap mulai pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, validasi dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh adalah pihak penyelenggara Pendidikan di Madrasah Aliyah DDI Pattojo Kabupaten Soppeng dapat membuat dan menyususn program-program termasuk pelatihan-pelatihan, symposium dan seminar dan pemberian kesempatan studin lanjut kepada guru-guru. Sementara pihak wakli kepala sekolah bidang kurikulum bersama bidang kesiswaan membimbing dan mengarahkan peserta didik dengan tekun memilih program ekskul sesuai bakat dan minatmereka masing. Selain itu, guru menyususn persiapan proses secara signifikan sehingga dalam menjalankan proses pembelajaran dapat tercipta secara professional untuk mencapai tujuan yang optimal khususnya kepada peserta didik sebagai pembelajar.
Copyrights © 2023