Penelitian dilakukan berdasarkan pada permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 1 Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya yakni prestasi belajar peserta didik yang rendah. Hal tersebut ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang tidak mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditentukan pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode survey dengan desain eksplanatori digunakan pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan terdapat pengaruh signifikan antara penyesuaian diri, motivasi berprestasi dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran dan bahan kajian lebih lanjut dalam penelitian yang sejenis khususnya dalam bidang pendidikan serta memberikan keyakinan dan bukti empiris mengenai pengaruh penyesuaian diri, motivasi berprestasi, dan resiliensi akademik terhadap prestasi belajar peserta didik. Dikarenakan sampel penelitian ini terbatas, diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan replikasi penelitian yang lebih mendalam lagi dengan memperluas lingkup maupun sampel penelitian atau mengambil contoh yang lebih representatif.
Copyrights © 2023