eProceedings of Applied Science
Vol. 9 No. 5 (2023): Oktober 2023

Pengaruh Content Marketing Dan Digital Influencer Pada Aplikasi Tiktok Shop Terhadap Repurchase Intention Tahun 2023 (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Tiktok)

Rahmawati, Nurul (Unknown)
Hidayat, Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Abstrak — Perkembangan internet memberikan pengaruh terhadap bidang bisnis, khususnya kegiatan pemasaran. Tren Marketing menggunakan live streaming juga merupakan kemajuan`di era digital ini. Media sosial adalah salah satu dari perkembangan teknologi tersebut. Media sosial marketing membutuhkan suatu konten untuk mempromosikan produknya dan juga Digital Influencer untuk memberikan pengaruh terhadap promosi tersebut. Dengan jumlah pengguna yang banyak dan tingkat interaksi yang tinggi, TikTok merupakan aplikasi yang membawa peluang besar dalam bidang bisnis khususnya kegiatan pemasaran. Digital Influencer menjadi trend yang efektif untuk mempromosikan produk para pelaku bisnis. Adanya fitur TikTok Shop di aplikasi TikTok memudahkan konsumen dalam membeli produk yang mereka inginkan. Penelitian ini berfokus pada Pengaruh Content Marketing dan Digital Influencer terhadap Repurchase Intention pada TikTok Shop. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Content Marketing dan Digital Influencer TikTok terhadap Repurchase Intention pada TikTok Shop. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna TikTok yang menggunakan fitur TikTok Shop dan melihat Content Marketing dan Digital Influencer di Tiktok. Sampel diambil dengan metode non-probability sampling. Untuk pengumpulan data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner online kepada 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Content Marketing dan Digital Influencer berpengaruh secara simultan terhadap Repurchase Intention pada TikTok Shop. Content Marketing dan Digital Influencer berpengaruh secara parsial terhadap Repurchase Intention pada TikTok.Kata kunci - content marketing, digital infuencer, repurchase intention.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

appliedscience

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

Merupakan media publikasi proyek akhir keahlian vokasi lulusan Universitas Telkom. Karya tulis proyek akhir keahlian vokasi yang diunggah melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...