Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengadaan sarana pendidikan di SMP Negeri 3 Makarti Jaya. Objek penelitian terdiridari:(1) menganalisis kebutuhan, (2) pengelompokkan, (3) membuat proposal, (4) penilaian dan (5) penenentuan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subyek penelitian adalah kepala sekolah, kepala tata usaha dan waka kurikulum. Data yang dikumpulkan melalui tiga cara yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengadaan sarana pendidikan melalui analisis kebutuhan (evaluasi diri sekolah) yaitu dengan melakukan pengecekan secara berkala, menentukan jenis sarana yang akan diadakan, menyesuaikan antara kebutuhan dengan biaya, mempetakan sesuai kebutuhan. (2) pengadaan sarana pendidikan melalui pengelompokkan barang dilakukan oleh waka sarpras dan petugas inventaris barang baru kemudian buat laporan ke pimpinan sekolah.(3) membuat proposal, yang perlu diperhatikan dalam membuat proposal adalah judul dari proposal dan proposal harus memiliki tujuan yang jelas sehingga pihak yang dituju seperti akan dengan mudah memahami maksud dari proposal tersebut.(4) penilaian dilakukan melalui pengukuran baik yang menggunakan instrumen tes maupun non tes, kemudian hasil dari keputusan tersebut disimpulkan sudah baik atau belum. (5) penentuan kepala sekolah dalam melakukan pengadakan sarana sekolah sudah sesuai dengan prosedur pengadaan sarana.
Copyrights © 2023