Artikel ini membahas tentang pelaksanaan ekstrakurikuler Rohani Islam dalam menanamkan nilai religius di Madrasah Aliyah Nurul Muhajirin Sukatani. Pentingnya penanaman nilai religius bagi peserta didik bisa dilaksanakan melalui kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya adalah Rohani Islam (Rohis), oleh karena itu keberadaan kegiatan ini sebagai bagian penunjang proses pendidikan pada suatu lembaga pendidikan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dimulai dari pengumpulan data, kemudian penyajian data dan terakhir adalah verifikasi data atau penarikan kesimpulan dari data yang dikumpulkan. Sedangkan untuk melihat keabsahan data, dilaksanakan melalui triangulasi, yang terdiri dari triangulasi waktu, metode dan sumber. Hasil yang diperoleh bahwa pelaksanaan ekstrakurikuler Rohani Islam dalam menanamkan nilai religius di Madrasah Aliyah Nurul Muhajirin Sukatani sudah dijalankan melalui beberapa kegiatann yang sudah dirancang oleh Pembina Rohis dengan berkoordinasi kepada kepala madrasah. Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk menanamkan nilai religius yakni kegiatan yang ada dalam program Rohis sudah dijalankan pada MA Nurul Muhajirin, mulai dari kegiatan Mabit, Mujahadah, Belajar Baca Tulis Al-Qur’an, program hapalan yang terintegrasi dengan kegiatan Pondok Pesantren, juga ada kegiatan pelatihan motivasi bagi santri sebagai bentuk untuk memberikan edukasi nilai religius dengan menyeimbangkan kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional peserta didik dan ada juga kegiatan muslim berprestasi.
Copyrights © 2023