Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 4 NOMOR 1 MARET 2023

Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik

Dwi Budiarto (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nahdlatul Ulama Sumberagung Ogan Komering Ulu Timur)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Artikel ini berkaitan dengan Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik di SD Negeri 02 Bumiharjo, dengan tujuan untuk melihat bagaimana proses pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik. Penelitian ini dengan jelas kualitatif dan pendekatan desktiptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data hasil penelitian. Sedangkan untuk melihat teknik pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan dengan triangulasi data, yang terdiri dari triangulasi sumber, metode dan teknik. hasil yang diperoleh bahwa Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik di SD Negeri 02 Bumiharjo sudah dijalankan dengan baik berdasarkan indikator dari proses pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, yang mencakup aspek seperti perpustakaan yang memberikan akses ke sumber daya pembelajaran, menyediakan lingkungan studi yang kondusif, adanya bantuan dari pustakawan, serta ketersediaan buku teks dan materi pelajaran. Dengan berbagai perannya ini, perpustakaan telah menjadi sumber daya berharga yang membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesuksesan akademik mereka, serta persiapan untuk masa depan mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...