Artikel ini berkaitan dengan Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik di SD Negeri 02 Bumiharjo, dengan tujuan untuk melihat bagaimana proses pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar bagi peserta didik. Penelitian ini dengan jelas kualitatif dan pendekatan desktiptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yakni melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data hasil penelitian. Sedangkan untuk melihat teknik pemeriksaan keabsahan data dilaksanakan dengan triangulasi data, yang terdiri dari triangulasi sumber, metode dan teknik. hasil yang diperoleh bahwa Pengelolaan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar bagi Peserta Didik di SD Negeri 02 Bumiharjo sudah dijalankan dengan baik berdasarkan indikator dari proses pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar, yang mencakup aspek seperti perpustakaan yang memberikan akses ke sumber daya pembelajaran, menyediakan lingkungan studi yang kondusif, adanya bantuan dari pustakawan, serta ketersediaan buku teks dan materi pelajaran. Dengan berbagai perannya ini, perpustakaan telah menjadi sumber daya berharga yang membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan kesuksesan akademik mereka, serta persiapan untuk masa depan mereka.
Copyrights © 2023