Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 4 (2023): DIDAKTIKA Nopember 2023

Penguatan Sikap Toleransi Melalui Penanaman Nilai-Nilai Tasamuh dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Menengah di Kecamatan Belimbing Kabupaten Melawi

Nia Daniati (Program Studi Magister PAI Pascasarjana IAIN Pontianak, Indonesia)
Sukino (Program Studi Magister PAI Pascasarjana IAIN Pontianak, Indonesia)
Ewin (Program Studi Magister PAI Pascasarjana IAIN Pontianak, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembinaan sikap toleransi di kalangan siswa, karena pola pikir yang toleran memainkan peran penting dalam meningkatkan lingkungan belajar yang kondusif, sehingga berdampak positif pada pencapaian akademik. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan, yang berfokus pada pemecahan masalah selama implementasi Pendidikan Agama Islam. Penelitian meliputi empat tahapan: 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengandalkan teknik non-tes dengan menggunakan instrumen observasi. Tujuan utamanya adalah meningkatkan sikap toleransi siswa kelas 11 ilmu pengetahuan alam dengan mengintegrasikan nilai-nilai toleransi ke dalam Pendidikan Agama Islam. Hasilnya sangat mendorong, dengan peningkatan signifikan yang diamati dalam sikap toleransi siswa kelas 11 IPA. Sikap menghargai perbedaan pendapat di antara siswa meningkat sebesar 46,7%, sementara sikap tidak memaksakan kehendak pada orang lain mengalami peningkatan 43,3%. Selanjutnya, sikap tidak mendiskriminasi individu berdasarkan etnis atau status sosial mengalami kenaikan mencolok sebesar 53,3%. Selain itu, sikap tidak menghalangi kebebasan orang lain untuk menyatakan pendapatnya meningkat sebesar 35%. Nilai rata-rata pada tahap awal hanyalah 35,8. Namun, setelah mengintegrasikan nilai-nilai toleransi ke dalam aktivitas Pendidikan Agama Islam di kelas 11 IPA, nilai rata-rata meningkat tajam menjadi 44,6. Akibatnya, nilai rata-rata pasca-tindakan mencapai angka yang mengesankan, yaitu 80,4.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...