Siswa yang bisa berkonsentrasi ketika sedang belajar, lebih cepat dalam menangkap materi pelajaran dan dapat menerapkan semua informasi yang diterimanya. Sedangkan siswa yang sulit untuk berkonsentrasi ketika sedang belajar, tentu akan mengalami hambatan dalam melaksanakan kegiatan belajar dan hasil yang didapatkan kurang optimal. Permasalahan yang terjadi di SMKN 1 Bayah adalah rendahnya konsentrasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mode 4D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media permainan ular tangga untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Bayah. Hasil uji dari ketiga ahli nilai rata-rata produk permainan ular tangga sebesar 83.8% dengan kategori “sangat layak”. Uji coba produk terbatas dilakukan kepada 29 siswa yang berada pada kategori tingkat konsentrasi belajar rendah, dengan nilai perolehan 92% dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya peneliti memperoleh data skor pre-test dan post-test dari hasil uji coba terbatas dengan perolehan nilai N-Gain score 0.7846 dan N-Gain persen sebesar 78.4570. Hasil ini menunjukkan bahwa peningkatan konsentrasi belajar siswa tergolong tinggi (g>0.7) dan efektif (N-Gain persen >76). Maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan konsentrasi belajar sangat layak diimplementasikan pada siswa.
Copyrights © 2023