Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan pembelajaran renang gaya terhadap hasil belajar renang gaya bebas dalam mengikuti kegiatan pembelajaran renang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan desain yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design, dimana yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah pembelajaran renang sebanyak 17 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan 2 para ahli untuk mengukur seberapa besar hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran renang. Dari hasil penelitian dan perhitungan manual dengan menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Science) dapat diketahui bahwa nilai pre-test memiliki skor rata-rata 54,41 dengan standart deviasi 5,397, varian sebesar 29,132 dengan skor minimal adalah 47, dan skor maksimal adalah 67. Sedangkan untuk post-test memiliki nilai skor rata-rata sebesar 80,71, dengan standart deviasi 7,157, varian sebesar 5,121, dengan skor minimal 73, dan skor maksimal adalah 93. Berdasarkan hasil analisis data tentang pengaruh penerapan pembelajaran renang gaya bebas terhadap hasil belajar dalam mengikuti pembelajaran memiliki nilai sig. 2,120 < 11,684, ttabel < thitung maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pembelajaran renang gaya bebas terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Penerapan pembelajaran renang gaya bebas terhadap hasil belajar renang gaya bebas di memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 48,14%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023