Artikel ini mengkaji tentang bagaimana implementasi bermain dalam pembelajaran di TK. Secara khusus tujuan kajian ini adalah (1) mendeskripsi jenis bermain, (2) mengidentifikasi bahan bermain, dan (3) mendeskripsi aktivitas bermain dalam pembelajaran. Pengumpulan data penelitian deskriptif kualitatif ini menggunakan metode angket yang diberikan kepada 105 orang guru TK, dilanjutkan wawancara terpumpun (FGD), dan analisis dokumen pada 9 orang guru TK di Kabupaten Deli Serdang. Data dianalisis dengan rumus persentase dan analisis kualitatif dengan cara mengkait-kaitkan data yang diperoleh. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) terdapat beberapa jenis bermain yang digunakan guru dalam pembelajaran, dan umumnya guru menggunakan bermain sensoris (mencampur warna, mewarnai, dan menempel), serta bermain peran atau simbolik, sedang bermain konstruksi jarang sekali digunakan dalam pembelajaran dan umumnya digunakan pada saat bermain bebas, (2) bahan bermain yang sering digunakan adalah pewarna, kertas dan daun, sesekali menggunakan clay dan cairan, serta bahan untuk bermain peran, misalnya berperan profesi, dan (3) aktivitas bermain yang sering digunakan adalah kegiatan yang berkaitan dengan bermain sensorimotor. Hasil penelitian ini berimplikasi pada upaya perbaikan pelaksanaan pembelajaran dengan integrasi bermain
Copyrights © 2023