Dijaman yang semakin modern seperti ini perkembangan teknologi serta ditambah dengan pertumbuhan masyarakat yang semakin menikat membuat pertumbuhan kendaraan juga semakin menikat pesat khususnya dikota Malang. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian jalan raya tentang persimpangan terutama di Jl. A. Yani dan Borobudur, dengan lokasi penelitian di persimpangan sabilillah blimbing kota malang. Peneliti ingin memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan dan meningkatkan kinerja persimpangan, sehingga mencapai kinerja yang lebih baik. Metode dalam penelitian ini yaitu menganalisis data yang diperoleh dengan metode ManualKapasitasJalanIndonesia (MKJI)1997 serta Analisa kinerja Alat PemberiIsyarat LaluLintas (APILL). Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai total tundaan masing-masing 42,76 detik dipuncak pagi, 39,7 detik di puncak siang, dan 406,76 detik dipuncak sore hari. Tingkat pelayanan adalah E untuk jam puncak pagi serta siang, dan F untuk puncak sore hari. Analisis kinerja simpang Jl. A. Yani - Jl. Borobudur Blimbing menggunakan resetting multi program dengan 7 siklus, terjadi penurunan nilai tundaan. Pada rentang waktu 06.00 - 18.00, simpang ini mencapai tingkat pelayanan E. Kata kunci: Persimpangan, Fase sinyal, Tundaan, ManualKapasitas JalanIndonesia(MKJI)1997, Alat Pemberi Isyarat LaluLintas (APILL), resetting multiprogram dengan 7 sirklus,
Copyrights © 2023