SPIRIT
Vol 15, No 2 (2023): Spirit

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE WITH RAPID PROTOTYPING MENGGUNAKAN UNITY

Rodiyah, Khofifatur (Unknown)
Huda, Walidini Saihul (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2023

Abstract

Perkembangan mengenai teknologi dan pengaruh globalisasi dapat menjadi salah satu penyebab hilangnya minat anak-anak terhadap musik tradisional. Metode yang bisa diterapkan untuk mengenalkan musik tradisional kepada anak-anak adalah melalui proses pendidikan. Pengembangan media dengan memanfaatkan teknologi dapat menjadi salah satu alternatif dalam upaya mengenalkan alat musik tradisional melalui kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dari studi ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi permainan pendidikan yang menitikberatkan pada alat musik tradisional. Dalam rangkaian penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Iteratif dengan Prototipe Cepat menggunakan platform Unity. Setelah dilakukan pengujian blackbox, hasilnya menunjukkan bahwa semua fungsi dalam game beroperasi dengan baik sesuai harapan. Pengujian fun testing dilakukan melalui kuesioner dan dihitung menggunakan interpretasi indeks dari skala Likert. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan mencapai 86%, tingkat kemudahan 86%, tingkat kepuasan 88%, tingkat kesulitan 79%, dan desain game mendapatkan skor 82%. Dengan demikian, nilai total keseluruhan yang diambil dari tingkat ketertarikan untuk bermain game adalah 86%. Harapan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap alat musik beraliran tradisional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

spirit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Spirit : STMIK Yadika Journal of Computing and Cybernetic System diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer didukung oleh Lembaga Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK Yadika Bangil. Redaksi mengundang para profesional dari dunia usaha, pendidikan dan ...