Teknologi radar pada bandar udara mulai tergantikan oleh sistem Automatic Dependent Survaillance Broadcast (ADS-B) karena ketidakmampuan radar dalam mendeteksi pesawat yang tertutup awan tebal, untuk menggantikan fungsi radar di beberapa bandar udara masih menggunakan situs Flightradar24 sebagai sumber informasi karena untuk membangun sebuah stasiun ADS-B membutuhkan biaya yang mahal. Akan tetapi Flightradar24 memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah pengguna diharuskan untuk membayar atau berlangganan secara berkala jika ingin menampilkan informasi lebih detail, dan delay karena pemrosesan data yang membutuhkan akses koneksi internet. Receiver ADS-B bekerja dengan menunggu dan menerima transmisi dari pesawat terbang yang berisi informasi posisi pesawat secara berkala, dalam merancang receiver ADS-B ini peneliti menggunakan jenis RTL-SDR R820T2 Flight Aware dengan nilai gain sebesar 19 dB, dan penambahan antena ADS-B 1090 MHz. Hasil pengujian rancangan receiver ADS-B yaitu, receiver mampu menerima sinyal dan data parameter target ADS-B dengan jarak jangkauan sejauh 353 km pada range software adsbSCOPE dan 346,89 km secara perhitungan menggunakan metode harvesine formula.
Copyrights © 2023