Kemampuan berhitung merupakan bagian dari matematika yang dapat menumbuh kembangkan kemampuan kognitif anak. Masih banyak siswa yang memiliki kemampuan berhitung sangat rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai factor antara lain, model dan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru kurang tepat dan kurang media matematika di sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada pengaruh pembelajaran matematika realistics terhadap kemampuan berhitung siswa kelas tinggi di SD Hadi Sakti.Penelitian ini merupakan penenlitian eksperimen menggunakan post-test only control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah matematika realistic dan kemampuan berhitung. Sampel dalam penelitian adalah seluruh kelas V SD Hadi Sakti yang terdiri dari kelas VA dan VB. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Teknik ramdom sampling. Penngujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Persyaratan pengujian hipotesis adalah data terlebih dahulu dilakukan pengujian populasi dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil analisis data penelitian diperoleh ttabel sebesar 2,020. Karena thitung (3,140) > ttabel (2,020) maka H0 ditolak. Artinya bahwa ada pengaruh model pembelajaran Matematika Realistics terhadap kemampuan berhitung siswa
Copyrights © 2023