Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha
Vol. 13 No. 1 (2023)

PEMANFAATAN MEDIA KORAN DIGITAL “KOMPAS.COM” DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA DI KELAS VIII B SMP NEGERI 1 TEJAKULA

Widiani, Ni Made (Unknown)
Yasa, I Nyoman (Unknown)
Wirahyuni, Kadek (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita,  mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII B pada pembelajaran teks berita dengan memanfaatkan “kompas.com”, mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B, mendeskripsikan hambatan yang dihadapi guru dan siswa pada pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B SMP Negeri 1 Tejakula. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita di kelas VIII B memberikan kejelasan materi karena teks berita yang digunakan bersifat aktual, nyata, dan mudah dipahami, Membaca berita di Kompas.com dapat memberikan inspirasi dalam mengembangkan kemampuan menulis dengan argumen yang kuat, pengorganisasian ide yang baik, dan penggunaan bahasa yang tepat, Siswa memberikan respons positif terhadap pemanfaatan media koran digital "kompas.com" dalam pembelajaran teks berita karena siswa mampu memahami cara mencari berita di "kompas.com" dan mengidentifikasi unsur-unsur teks berita pada berita yang mereka pilih, Hambatan yang dihadapi guru berkaitan dengan ketersediaan perangkat keras seperti gawai dan sambungan internet belum merata dimiliki siswa. Sedangkan hambatan yang dihadapi siswa berkaitan dengan pemahamaan siswa dalam mengidentifikasi unsur-unsur teks berita

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJPBS

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesia Language ...