Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan makna kontekstual yang terkandung dalam video iklan layanan masyarakat dalam kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dan mendeskripsikan relevansi video iklan layanan masyarakat dalam kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI sebagai bahan ajar teks iklan di kelas VIII SMP. Subjek dalam penelitian ini adalah iklan layanan masyarakat di kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI, sedangkan makna kontekstual pada iklan layanan masyarakat di kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dan relevansinya terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP adalah objek penelitian. Adapun teknik analisis data yang digunakan, antara lain: identifikasi data, redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sejumlah 16 iklan layanan masyarakat milik Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI edisi April 2022- April 2023 memiliki makna kontekstual masing-masing dan iklan layanan masyarakat tersebut memenuhi kriteria teks iklan sehingga memiliki relevansi terhadap pembelajaran teks iklan kelas VIII SMP. Selain itu, iklan layanan masyarakat dalam kanal Youtube Direktorat Promkes dan PM Kemenkes RI dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi teks iklan kelas VIII SMP.
Copyrights © 2023