Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol. 1 No. 1 (2023): Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi

PENGARUH GENERASI DAN GENDER KONSUMEN PADA PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA PAY LATER

Bernica Febriyana Putri (Universitas Harapan Bangsa)
Slamet Slamet (Universitas Harapan Bangsa)
Kartika Dwi Chandra Sari (Universitas Harapan Bangsa)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini membahas hubungan pengaruh karakteristik demografis yang berupa generasi dan gender konsumen pengguna pay later dengan perilaku pembelian impulsif. Kemunculan pay later menjadi faktor yang menggeser metode pembayaran konsumen yang akan memberi kemudahan ketika berbelanja. Disrupsi seperti ini berpengaruh pada perilaku belanja. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Uji analisis data dilakukan dengan metode SEM di mana data primer diperoleh dari 204 responden yang telah memenuhi kriteria. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa generasi dan gender konsumen berpengaruh pada perilaku pembelian impulsif. Selain itu dapat diketahui bahwa konsumen generasi Z dan konsumen perempuan memiliki kecenderungan yang lebih kuat untuk melakukan keputusan pembelian secara impulsif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Neraca: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup yang luas. Tim redaksi menyambut baik seluruh masyarakat, ...