Dampak sosial dari sistem pembelajaran daring pasca pandemi covid-19 merupakan pengaruh atau akibat dari gejala sosial yang terjadi pada sistem pembelajaran sehingga mengakibatkan perubahan yang bersifat positif atau negatif terhadap lingkungan sosial dan keadaan sosial sekolah tersebut. Maka untuk mendalami telaah pada penelitian ini digunakan metode diskriptif kualitatif. Tujuannya adalah untuk menganalisis dampak sosial dari pembelajaran daring pasca Pandemi Covid-19 di MTs Miftahul Ulum Kawal sebagai tempat lokasi penelitian. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan purposive sampling yaitu berjumlah 3 (tiga) orang sampel diantaranya Kepala Sekolah, Guru Kelas dan Siswa Kelas VIII A, Instrument dalam penelitian adalah melalui lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan model Miles dan Huberman yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menggambarkan bahwa dampak dari proses pembelajaran secara daring pasca pandemi menunjukkan nilai yang lebih baik, namun perlu adanya strategi dan inovasi. Seperti dalam penerapan media pembelajaran dengan media serbaneka dan media visual. Sedangkan untuk sistem dan metode pembelajaran ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang perlu menjadi pertimbangan dan perbaikan, Serta hasil pembelajaran secata teori dan praktik menunjukan kearah yang positif.
Copyrights © 2023