Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian adalah PTK, model Kemmis dan Mc. Taggart dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian terdiri dari kegiatan prasiklus, siklus 1 dan siklus 2. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Waibakul TA 2022/2023, berjumlah 23 orang. Prasiklus, siswa yang tuntas 35,2%, yang tidak tuntas 64,8%. Siklus 1, aspek afektif 11 orang predikat baik, 12 orang predikat cukup. Yang tuntas 56,5%, tidak tuntas 47,1%. Siklus 2 aspek afektif 13 siswa predikat sangat baik, 10 predikat baik. Yang tuntas 76,6%, yang tidak tuntas 11,8%. Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan pada manusia.
Copyrights © 2023