Kegiatan Baitul Mal Tamwil (BMT) didasarkan pada prinsip-prinsip Syariah, dan fungsinya memiliki manfaat sosial dan ekonomi. Dalam situasi saat ini, banyak Baitul Mal Tamwil (BMT) termasuk BMT Surya Martani, telah didegradasi untuk meningkatkan komersialisasi. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi apa yang digunakan BMT Surya Martani dalam memasarkan produknya sehingga bisa meningkatkan calon anggota. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan motode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian dilakukan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sehingga kemudian didapati keabsahan data penelitian. Hasil yang didapati dalam penelitian ini menunjukan bahwa kendala BMT Surya Martani dalam peningkatan calon anggota antara lain; modal yang belum bisa dipenuhi, nasabah yang bermasalah, nasabah yang kurang memahami perbedaan antara pembiyaan syariah dan konvensional, dan persaingan dengan lembaga konvensional lainya. Sedangkan strategi pemasaran yang digunakan adalah stratgi segmentasi pasar dan bauran pemasaran (Marketing Mix) yang lebih mengedepankan pada Produk, Harga, Lokasi, dan promosi. Disamping itu strategi yang dilakukan adalah dengan menjemput bola atau dengan langsung mendatangi nasabah, dan juga lebih mengutamakan pelayanan kenyamanan pelanggan serta berupaya memberikan informasi melalui brosur.
Copyrights © 2023