Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan dimana masih ada siswa yang kurang fokus ketika pembelajaran berlangsung, dan juga siswa disibukkan dengan aktivitasnya ketika guru menjelaskan materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur'an kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. 2) Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran bagi siswa kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. 3) Mendeskripsikan efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran untuk kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. Penulis menganalisis proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menyimpulkan: 1) Tidak semua kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke mampu membaca Al-Qur'an dengan lancar karena belum mencapai indikator standar. 2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an menggunakan metode demonstrasi yang terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan penutup. 3) Efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an untuk kelas VII A MTs Al-Munawwaroh Merauke sudah efektif, siswa dapat mengamati secara langsung apa yang sedang diperagakan oleh guru dan juga dapat dilihat dari keaktifan siswa yang serius selama kegiatan berlangsung. belajar Al-Qur'an menggunakan metode demonstrasi.
Copyrights © 2023