Penelitian ini dilatar belakangi dari masih banyak terdapat peserta didik yang kurang untuk berpartisipasi aktif pada proses belajar mengajar karena belum terdapatnya bahan belajar yang bisa mendorong minat dan keaktifan peserta didik. Salah satu cara dalam mendorong aktivitas, minat dan motivasi belajar bagi peserta didik yakni dengan penggunaan LKPD yang mampu menunjang peserta didik aktif serta mandiri selama pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yakni membentuk LKPD dengan pendekatan PJBL pada siswa MTs yang praktis. Research and Development (penelitian pengembangan) digunkan sebagai jenis penelitiannya, dengan model 4D yang memuat tahap Define, Design, Develop, dan Dessiminate. Akan tetapi, dipenelitian ini melakukan tahap Define, Design, serta Develop dengan uji kepratisan saja. Digunakannya lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan angket respon siswasebagai instrumen penelitian. Hasil penilian kepraktisan LKPD dari presentase keterlaksaan pembelajaran dengan LKPD yakni 94% berkriteria sangat baik. Dan dari hasil angket respon siswa didapatkan rata-rata skor keseluruan yakni 4.38 berkriteria sangat baik. Sehingga bisa diketahui bahwa LKPD dengan pendekatan PJBL pada siswa Mts memenuhi kriteria praktis.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023