Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran stoikiometri menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan pada tahun ajaran 2022-2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa pendidikan biologi yang sedang mempelajari kimia umum. Pemilihan sampel sebanyak 60 orang mahasiswa dilakukan dengan metode purposive sampling yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dibelajarkan menggunakan media aplikasi Quizizz, sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan buku diktat. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan essay. Berdasarkan data perhitungan nilai pretest dan postest menunjukkan pembelajaran stoikiometri dengan aplikasi Quizizz pada kelompok eksperimen memperoleh rata-rata peningkatan hasil belajar lebih tinggi sebesar 83% dibandingkan kelas kontrol sebesar 74%. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi Quizizz pada pembelajaran kimia umum sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran stoikiometri
Copyrights © 2023