Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN)
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Ilmu Pendidikan

Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 B

Hoerudin, Cecep Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa masih belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 B. Jenis penelitian ini adalah penelitian “kuantitatif” dengan One Group Pretest - Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah murid kelas 5 B yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistic inferensial. Hasil data statistic deskriptif menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam hasil belajar siswa yang ditandai dengan perbedaan skor rata-rata siswa yang pada pelaksanaan pretes sebesar 51,41 sedangkan pada postes 68,23 yang berarti bahwa perolehan nilai tersebut berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil data statistic inferensial menunjukkan bahwa nilai sig pada pretes dan postes adalah 0,001. Jika dilihat dari hasil uji hipotesis tersebut diketahui bahwa 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil dari kedua analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ilpen

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) adalah jurnal peer-review berkualitas tinggi dengan akses terbuka yang diterbitkan oleh Yayasan Azka Hafidz Maulana. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN) merupakan wadah bagi para peneliti, cendekiawan, profesional, praktisi dan mahasiswa untuk berbagi dan berbagi ...