JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 11 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Implementasi Model SIUUL dalam meningkatkan Ketepatan Artikulasi pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara

Luci Irawati (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Debora Pujo Widiati (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Widarti Emiliana (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Euis Agung Sari (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)
Sri Watini (Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketepatan artikulasi pada anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SIUUL (Simak-Ucap-Ulang) di mana anak menyimak, mengucap dan mengulang kata yang di dengar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif.  Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu 1) tahap perencanaan, 2). tahap pelaksanaan, 3). tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian ini, dilakukan dengan dilakukan dalam tiga siklus.  Subjek penelitian yaitu 2 Anak yang mengalami keterlambatan bicara yang diasuh di Omah Uthie Daycare yang berlokasi di Perumahan The Grove Cibinong Bogor. Dari hasil penelitian diketahui penerapan pembelajaran dengan metode SIUUL (simak, ucap, ulang), mampu membawa perubahan pada kemampuan berbicara anak. Dengan metode SIUUL anak menjadi aktif dalam berbicara. Selain itu anak juga mampu berkomunikasi dengan artikulasi yang jelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...