Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketepatan artikulasi pada anak yang mengalami keterlambatan berbicara. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model SIUUL (Simak-Ucap-Ulang) di mana anak menyimak, mengucap dan mengulang kata yang di dengar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Dalam metode ini terdiri dari empat tahapan yaitu 1) tahap perencanaan, 2). tahap pelaksanaan, 3). tahap pengamatan dan 4) tahap refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian ini, dilakukan dengan dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian yaitu 2 Anak yang mengalami keterlambatan bicara yang diasuh di Omah Uthie Daycare yang berlokasi di Perumahan The Grove Cibinong Bogor. Dari hasil penelitian diketahui penerapan pembelajaran dengan metode SIUUL (simak, ucap, ulang), mampu membawa perubahan pada kemampuan berbicara anak. Dengan metode SIUUL anak menjadi aktif dalam berbicara. Selain itu anak juga mampu berkomunikasi dengan artikulasi yang jelas.
Copyrights © 2023