Forum Ekonomi : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
Vol 25, No 4 (2023): Oktober

Analisis strategi pengembangan usaha percetakan

Wahyuni Wahyuni (Unknown)
Ramli S Ramli S (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju)
Junaeda Junaeda (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Mamuju)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju. Penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT mengembangkan empat tipe alternatif strategi yaitu SO (strengths-opportunities), strategi WO (weaknesses-pportunities), strategi ST (strengths-threats), dan strategi WT (weaknesses-threats). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju diterapkan sudah baik ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai faktor internal dengan total nilai bobot item tidak lebih dari angka 1 yang memiliki arti bahwa nilai tersebut sesuai dengan ketentuan teori bahwa jumlah total bobot item yang dimasukkan dalam tabulasi tidak boleh melebihi angka satu (1). Strategi pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju yang diterapkan sudah efektif hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data nilai faktor internal dan eksternal. Nilai peluang paling tinggi terdapat dalam pangsa pasar yang dapat meningkatkan pelanggan di Kabupaten Mamuju dengan menggunakan analisis SWOT menunjukkan pengembangan Percetakan Siola Print di Kabupaten Mamuju mengalami peningkatan percetakan yang selama ini dijalankan berada dalam fase pertumbuhan usaha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

FORUMEKONOMI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

FORUM EKONOMI: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansiis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...