Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang optimalisasi perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dalam belajar kelompok. Pembahasan dalam penelitian ini meliputi; definisi dan urgensi perkembangan sosial-emosional anak usia dini, pembelajaran kelompok pada anak usia dini, serta strategi optimalisasi perkembangan sosial emosional melalui pembelajaran kelompok pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis studi pustaka. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari literatur-literatur seperti jurnal dan buku yang terbit dalam rentang waktu 10 tahun terakhir. Hasil penelitin menunjukkan bahwa pertama, perkembangan sosial-emosional pada anak usia dini merujuk pada proses di mana anak mengembangkan kemampuan untuk berinteraksi secara sosial dan mengelola emosi mereka secara efektif. Ini melibatkan kemampuan anak untuk memahami dan mengekspresikan emosi mereka, mengembangkan hubungan sosial dengan orang lain, dan belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan sosial mereka. Kedua, dalam konteks anak usia dini, pembelajaran kelompok berfungsi sebagai sarana efektif untuk mendorong partisipasi aktif, kerjasama, dan pengembangan keterampilan sosial-emosional. Melalui pembelajaran kelompok, anak-anak dapat belajar untuk berinteraksi, berbagi, dan bekerja sama, sambil juga mengembangkan kemampuan kognitif dan keterampilan akademis mereka. Ketiga, strategi-strategi yang dapat digunakan dalam mengoptimalkan sosial-emosional anak usia dini melalui pembelajaran kelompok antara lain; membentuk kelompok yang inklusif, memfasilitasi interaksi positif, membina keterampilan sosial, menerapkan permainan kooperatif, memfasilitasi ekspresi emosi, memberikan umpan balik positif, serta membina konsep kepemimpinan.
Copyrights © 2023