Journal Global Technology Computer
Vol 1 No 2 (2022): April 2022

Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE

Wilson Suhendra Sihombing (Universitas Budi Darma, Medan)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2022

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Pembelajaran juga merupakan suatu proses untuk membantu para peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan, guru mengajarkan suatu pelajaran agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan, dapat juga mempengaruhi perubahan sikap, serta keterampilan seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. ADDIE merupakan istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis untuk pengembangan pembelajaran. Selain metode CBI, CAI, dan metode pembelajaran lainnya, metode ADDIE juga merupakan metode yang cocok untuk digunakan dalam sistem pembelajaran yang akan mempermudah pengajar untuk menyampaikan materi. Salah satu cara pembelajaran berbantuan komputer adalah penerapan metode ADDIE. Metode ADDIE merupakan salah satu model design sistem pembelajaran yang memprlihatkan tahapan-tahapan dasar sistem pembelajaran yang sederhana dan mudah dipelajari. Dalam proses pembelajaran berbantuan komputer, dimana komputer digunakan untuk tujuan menyajikan pembelajaran yang berbentuk tutorial, simulasi, dan permainan. Hal ini sangat dapat membantu siswa mampu menerapkan sistem belajar sambil bermain yang sangat efektif untuk proses pembelajaran bagi siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jogtc

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Engineering

Description

Journal Global Technology Computer, ini memiliki bidang kajian: 1. Manajemen Informatika, 2. Sistem Informasi, 3. Game Design, 4. Multimedia System, 5. Sistem Pembelajaran Berbasis Multimedia, 6. GIS, 7. Mobile Programming, 8. Database Design, 9. Network Programming, 10. Distributed System, 11. Data ...