cover
Contact Name
Muhammad Syahrizal
Contact Email
syahrizal83.budidarma@gmail.com
Phone
+6282370070808
Journal Mail Official
mesran.skom.mkom@gmail.com
Editorial Address
Jalan sisingamangaraja No 338 Medan, Indonesia
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Journal Global Technology Computer
ISSN : -     EISSN : 28096118     DOI : https://doi.org/10.47065/jogtc.v2i3.3992
Journal Global Technology Computer, ini memiliki bidang kajian: 1. Manajemen Informatika, 2. Sistem Informasi, 3. Game Design, 4. Multimedia System, 5. Sistem Pembelajaran Berbasis Multimedia, 6. GIS, 7. Mobile Programming, 8. Database Design, 9. Network Programming, 10. Distributed System, 11. Data Mining, 12. Sistem Pakar, 13. Kriptografi, dan 14. Sistem Pendukung Keputusan.
Articles 78 Documents
Penerapan Metode Algoritma Spread Spectrum Untuk Menyembunyikan Pesan Terenkripsi Algoritma RC4A Hendri Wahyu Kleaver Lase
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i1.964

Abstract

Keamanan data pada saat ini sangat penting dilakukan,karena peningkatan penggunaan teknologi media komunikasi yang sangat meningkat.Teknik Kriptografi Teknik Stenografi merupakan teknik yang dapat di gunakan untuk mengamankan data. Algoritma RC4A merupakan salah satu algoritma kriptografi yang dapat digunakan dalam pengamanan data. Teknik stenografi dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan keamanan terhadap data yang telah diamankan berdasarkan salah satu algoritma dari teknik kriptografi.Salah satu metode Penelitian ini menguraikan bagaimana menyembunyikan pesan terenkripsi berdasarkan algoritma RC4A kedalam objek citra digital yang dilakukan berdasarkan metode Spread Spectrum, sehingga keamanan data rahasia lebih terjaga.
Penerapan Metode Gabor Wavelet Untuk Deteksi Gimmick Wajah Pada Citra Digital Ulfa Syahrina; Nelly Astuti Hasibuan; Ronda Deli Sianturi
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i1.965

Abstract

Banyak penelitian dilakukan terhadap objek berupa citra, yang mana informasi atau knowledge yang didapat dari citra tersebut dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi dunia pendidikan, inovasi teknologi dan pengelolaan informasi. Pengelolaan citra tidak terlepas dari komputer, sehingga memcu perusahaan-perusahaan komputer untuk meningkatkan kualitas dalam pembuatan perangkat lunak untuk mengolah citra dengan memberikan efek transfaransi pada citra. Maka didalam pembuatan skripsi ini dibahas tentang pengenalan gimmick wajah agar mudah dikenali.Gimmick yaitu bentuk wajah yang mengungkapkan gaya. Wajah merupakan bagian depan dari kepala yang meliputi daerah dari dahi hingga dagu, termasuk juga rambut, dahi, alis, mata, hidung, pipi, mulut, bibir, gigi, dagu dan kulit. Wajah digunakan untuk menunjukkan sikap seseorang terhadap ekspresi wajah, penampilan, serta identitas dari seseorang. Tidak ada satu pun wajah yang sama atau serupa mutlak, bahkan pada manusia kembar sekalipun. Gimmick pada wajah seseorang bisa saja tidak mudah diketahui bahwa wajah tersebut sudah dibuat rekayasa, baik dari segi tampilan wajah maupun gerak­-geriknya. Gimmick wajah sangat berpengaruh pada pengolahan citra agar dapat mempermudah dalam proses pengenalan gimmick wajah seseorang, maka dilakukan proses pengenalan dengan cepat, tepat serta efisien.
Aplikasi Kompresi Citra Dengan Menerapkan Algoritma SPIHT (Set Partitioning In Hierarchical Trees) Milpadi Yanti
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i1.966

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi digital saat ini,dengan banyaknya peralatan digital yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti komputer,kamera digital ,handphone dan sebagainya. Dibandingkan dengan data teks,citra mempunyai karateristik tersendiri,yaitu citra merupakan data yang kaya dengan informasi. Bahkan ada sebuah isrtilah yang cukup populer yaitu “a picture is more than a thousand words”yang berarti bahwa sebuah gambar dapat memberikan informasi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan informasi yang disajikan dalam bentuk kata-kata atau tulisan. Tetapi pada sebuah gambar digital mempunyai kapasitas atau ukuran yang cukup besar,jika disimpan akan membutuhkan memori yang besar untuk menyimpan data tersebut,mengingat media penyimpanan sangatlah terbatas,dan jika harus dikirim maka akan dibutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pentransmisian. Salah satu solusinya adalah dengan cara mengkompresi data citra tersebut. Dengan kompresi citra jumlah bit yang relatif sedikit sehingga transmisi citra dapat berjalan lebih cepat.
Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Pelatih Sepak Bola Menerapkan Metode Profile Matching Studi Kasus: PSDS Deli Serdang Diwa Abthal Dalimunthe
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i1.967

Abstract

Pelatih sepak bola adalah orang yang berada penuh melatih, membimbing dan memberikan dukungan moral kepada pemain dalam melakukan latihan maupun pertandingan. Karena itu, dalam menentukan kelayakan seorang pelatih sangatlah penting. Adapun kendala yang dihadapi pada saat penerimaan pelatih sepak bola adalah proses perekrutan masih dilakukan dengan cara manual. Kendala lain adanya pelatih yang direkrut tidak memiliki kualitas kemampuan yang diinginkan oleh PSDS Deli Serdang. Untuk mengatasi proses pemilihan pelatih yng mengalami kendala tersebut dengan menggunakan aplikasi yang disebut Sistem Pendukung Keputusan. Sistem penduung keputusan dalam menentukan penerimaan pelatih sepak bola dapat dihasilkan berdasarkan beberapa kriteria dalam penentuan suatu kriteria yang dibuat untuk mencegah kesalahan yang dilakukan oleh pihak – pihak tertentu. Dalam sistem pendukung keputusan diperlukan sebuah metode yaitu Profile Matching yang digunakan untuk menentukan prioritas dengan rangking tertinggi, dimana sebagai saran dari sistem yang tepat dalam menentukan seorang pelatih sepak bola. Dalam perhitungn menggunakan metode Profile Matching berdasarkan standard pada PSDS Deli Serdang, merupakan parameter dalam menentukan penerimaan seorang pelatih sepak bola.
Perancangan Aplikasi Game Bubble Shooter Dengan Menerapkan Kombinasi Algoritma Fisher Yates Shuffle Dan Linear Congruent Method Raja Yusuf; Mesran Mesran; Putri Ramadhani
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i1.968

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi, permainan di kembangkan ke dalam teknologi yang lebih modern, seperti komputer (pc) ataupun smartphone. Salah satu game yang sangat menyenangkan dan cukup sering dimainkan yaitu game bubble shooter. Saat memulai permainan pada game bubble shooter warna gelembung sudah ditentukan secara otomatis sehingga terkadang warna gelembung teracak secara tidak teratur, sehingga membuat pemain kesulitan untuk menyelesaikan permainan tersebut. Untuk itu diperlukan suatu algoritma dalam pengacakan warna gelembung pada game bubble shooter yaitu algoritma fisher yates shuffle dan linear congruent method, kedua algoritma tersebut diperlukan untuk mengacak warna gelembung agar mempermudah pemain dalam menyelesaikan permainan tersebut. Sebagai hasilnya dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan algoritma fisher yates shuffle dan linear congruent method, maka pengacakan warna gelembung pada game bubble shooter tidak terdapat pola yang sama dan benar-benar teracak secara teratur.
Perancangan Aplikasi Pembelajaran Agama Kristen Dengan Menggunakan Metode ADDIE Wilson Suhendra Sihombing
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 2 (2022): April 2022
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i2.1371

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang meliputi guru dan siswa yang saling bertukar informasi. Pembelajaran juga merupakan suatu proses untuk membantu para peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan, guru mengajarkan suatu pelajaran agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan, dapat juga mempengaruhi perubahan sikap, serta keterampilan seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja. ADDIE merupakan istilah sehari-hari yang digunakan untuk menggambarkan pendekatan sistematis untuk pengembangan pembelajaran. Selain metode CBI, CAI, dan metode pembelajaran lainnya, metode ADDIE juga merupakan metode yang cocok untuk digunakan dalam sistem pembelajaran yang akan mempermudah pengajar untuk menyampaikan materi. Salah satu cara pembelajaran berbantuan komputer adalah penerapan metode ADDIE. Metode ADDIE merupakan salah satu model design sistem pembelajaran yang memprlihatkan tahapan-tahapan dasar sistem pembelajaran yang sederhana dan mudah dipelajari. Dalam proses pembelajaran berbantuan komputer, dimana komputer digunakan untuk tujuan menyajikan pembelajaran yang berbentuk tutorial, simulasi, dan permainan. Hal ini sangat dapat membantu siswa mampu menerapkan sistem belajar sambil bermain yang sangat efektif untuk proses pembelajaran bagi siswa.
Penerapan Algoritma Hamming Distance Untuk Pencarian Teks Pada Aplikasi Ensiklopedia Indonesia Yunimawar Niati Gulo
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 2 (2022): April 2022
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i2.1378

Abstract

String Matching (pencocokan string) adalah algoritma untuk melakukan pencarian semua kemunculan string pendek (pattern) yang muncul dalam teks. Contoh implementasi string matching adalah pencocokan string pada Microsoft word,editor atau pencocokan website dengan memasukkan kata kuci sebagai mana yang telah diterapkan pada search engine seperti yahoo, atau google. Algoritma Hamming Distance merupakan salah satu dari algoritma approximate string matching, algoritma ini digunakan untuk teori informasi sebagai estimasi error. Pada masa sekarang algoritma ini banyak digunakan untuk teori informasi,teori pengkodean dan kriptografi. Cara kerja Algoritma Hamming Distance yaitu dengan mengukur jarak antara dua string yang ukurannya sama dengan membandingkan simbol-simbol yang terdapat pada ke dua string pada posisi yang sama. Maka dari itu pada metode atau algoritma diatas dalam Skripsi ini Penulis ingin menginplementasikan Penerapan algoritma Hamming Distance untuk pencarian teks pada aplikasi Ensiklopedia Indonesia.
Implementasi Metode ARAS Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Pemilihan Inseminator Terbaik Ari Gunawan Rambe; Muhammad Syahrizal
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 2 (2022): April 2022
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i2.1379

Abstract

Keberhasilan petugas inseminator sangat ditentukan oleh sinergitas peran dan fungsi masing-masing unit kerja di Puskeswan Kota Subulussalam, serta aktivitas petugas teknis di lapangan. Peran petugas inseminator merupakan salah satu faktor utama keberhasilan program yang diukur dari angka kehamilan dan kelahiran. Puskeswan yaitu Pusat Kesehatan Hewan yang memberikan pelayanan di bidang kesehatan hewan di Subulussalam Permasalahan yang terjadi di Puskesmas Subulussalam setiap tahunnya adalah menyeleksi inseminator terbaik guna meningkatkan apresiasi kinerja para inseminator, dalam memilih inseminator terbaik tersebut. masih kurang efektif. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis ingin melakukan pemilihan inseminator terbaik dengan menerapkan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode ARAS karena metode ini digunakan untuk pemeringkatan sehingga masalah lebih terfokus karena berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan nilai bobot sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dan menghasilkan keputusan yang lebih akurat dalam pemilihan inseminator terbaik di Puskeswan Kota Subulussalam.
Perancangan Aplikasi Kompresi File Video Menggunakan Algoritma Transformasi Walsh Hadamard Irma Solin
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 2 (2022): April 2022
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i2.1380

Abstract

Berbagai macam fasilitas teknologi terus dikembangkan agar masyarakat dapat melakukan pertukaran informasi dalam bentuk video dengan baik. Semakin tingginya permintaan informasi yang real-time, menjadikan perpindahan data harus semakin cepat dan akurat. Hal tersebut menjadi masalah, dimana jalur komunikasi di Indonesia khususnya internet masih berada dalam kategori lambat dan sering bermasalah, dengan demikian data yang berukuran kecil akan dipilih karena akan lebih cepat dikirim dan lebih menghemat tempat penyimpanan. Solusi yang dapat memecahkan masalah diatas yaitu dengan cara melakukan kompresi. Kompresi merupakan suatu teknik yang dapat memperkecil ukuran file Video menjadi lebih kecil dari ukuran aslinya. kompresi ini melakukan teknik kompresi dengan sifat kompresi yaitu dimana diperbolehkan terjadinya kehilangan beberapa data maupun sebagian besar data pada citra. Dengan menggunakan algoritma Transformasi Walsh Hadamard, penulis berhasil mengkompresi suatu file video dengan cukup baik, yaitu memampatkan ukuran file Video dari nilai data Video f(x) = 74 79 70 70 34 32 = 359 byte menjadi f(x) = 59,83 -0,5 13 -0,5 37,83 -1,16 = 108.5 byte Dengan ratio kompreso 69.77%.
Perancangan Perangkat Lunak Permainan Blaster Dengan Menggunakan Metode Heuristic Paruntungan Harahap
Journal Global Technology Computer Vol 1 No 2 (2022): April 2022
Publisher : Forum Kerjasama Pendidikan Tinggi (FKPT)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47065/jogtc.v1i2.1381

Abstract

Banyaknya permainan komputer merupakan pilihan yang sangat menarik bagi pengguna komputer, baik game yang berjenis 2D ataupun 3D sangat banyak digunakan, pilihan tergantung kepada pengguna komputer mana yang mau dimainkan. Dalam suatu game, game biasanya dikembangkan untuk kalangan remaja bahkan dewasa sekalipun untuk hiburan. Game biasanya dimainkan lebih dari satu pemain dalam waktu yang bersamaan (Game Online) tetapi juga bisa dimainkan sendiri (Stand Alone Game). Blaster merupakan sebuah permainan dengan jenis arcade dimana pemaian harus menembak pesawat musuh yang datang menghampiri dan juga harus bisa menghindari serangan musuh, permainan ini pada dasarnya sangat muah dimainkan dan bisa dijadikan alternatif.