Educational Studies: Conference Series
Vol 1 No 2 (2021)

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) DI SMP NEGERI 9 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Rahma Mai Lani Rahayu (Universitas Mulawarman)
Reza Reza (Universitas Mulawarman)
Noor Ellyawati (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Sistem Zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 9 Samarinda Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan dengan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini data dikumpulkan menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori milik George C. Edward III. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi kebijakan sistem zonasi di SMP Negeri 9 Samarinda sudah berjalan dengan baik jika di tinjau dari indikator yang terdiri dari 4 (empat) mulai dari komunikasi, sumber daya, struktur birokrasi, dan disposisi. Komunikasi merupakan prioritas yang paling penting, karena sosialisasi kebijakan kepada kelompok sarana harus dilakukan secara jelas dan gamblang. Salah satu pendukung implementasi kebijakan adalah partisipasi masyarakat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

escs

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Educational Sciences: Conference Series is a multidisciplinary peer-reviewed journal that contains articles in the field of education that are the result of research from various authors presented in various seminars in the Faculty of Teacher Training and Education, Mulawarman University. It is ...