Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran E-Commerce sebagai kanal promosi dan penjualan dalam peningkatan penjualan dan pemasaran produk (UMKM) industri rumahan di Desa Popalo Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan dan kesimpulan (verifikasi hasil penyusunan). Hasil penelitian menunjukkan menurut informan,bahwa penggunaan E-Commerce sebagai kanal promosi dan penjualan sangat lah penting bagi peningkatan penjualan dan pemasaran produk (UMKM) usaha kuliner dalam pemasaran secara online khususnya usaha-usaha kuliner yang tergolong relative masih kecil. Dari kesimpulan yang di dapat UMKM Ridho Cemerlang telah menerapkan sarana dan prasarana, pendekatan proses yang efisien,dan pendekatan sasaran dalam outputnya. Dan saran yang di berikan untuk umkm Ridho Cemerlang ialah pemanfaatan dunia digital, E-Commerce, dan bangun relasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023