Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi
Vol 11 No 2 (2022): July

Pemanfaatan Website Kota Kupang Sebagai Online Public Relations

Veki Edizon Tuhana (Universitas Nusa Cendana)
Lukas Lebi Daga (Universitas Nusa Cendana)
I G A Rina Pietriani (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pemanfaatan Website Pemerintah Kota Kupang sebagai Sarana Public Relations Online. Konsep yang digunakan adalah media baru (new media), Public Relations, online public relations, media sosial, dan website. Teori yang digunakan adalah media baru (new media). Paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari 4 informan yaitu 1 informan di Dinas Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokompim) dan 3 orang di Dinas Kominfo. Semuanya di Kota Kupang yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisa data Cresswell dalam penelitian fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan pemanfaatan website Kota Kupang sudah mendukung sarana online public relations (PR). Hal ini dilihat dari fungsi komunikasi dan PR sebagai komunikator, menginformasikan dan menyampaikan data, berita dan atau kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan tata kelolah pemerintahan dan kegiatan pimpinan. Walaupun demikian partisipasi masyarakat, kebebasan menyampaikan informasi, kritik dan saran masih terbatas karena minimnya fitur dan tools yang ada di website. Satu-satunya cara hanya melalui komentar via email yang ada di website tersebut. Sedangkan dari sisi pemanfaatan website Kota Kupang sebagai sarana online PR, dinas kominfo dan juga Prokompim hanya menyediakan komunikasi satu arah dalam menanggapi komen atau tanggapan dari masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIKOM

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communio focuses on publishing research on contemporary topics in the field of Communication Science from various perspectives, including: 1. Mass Communication including Media and Journalism Studies 2. Public Relations and Marketing or Business Communication 3. Intercultural or ...