Jurnal Buana
Vol 4 No 4 (2020)

QUALITY OF SUSTAINABLE DEVELOPMENT PROFESSION OF TEACHERS OF GEOGRAPHY AT AGAM DISTRICT

yulia fitri yanti (Geografi UNP)
Rery Novio (Jurusan Geografi UNP)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pengembangan profesi berkelanjutan guru geografi SMA se Kabupaten Agam, untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru, dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengembangan profesi berkelanjutan guru geografi SMA se Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen dan wawancara singkat, dan pengolahan data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian yaitu : (1) Kualitas pengembangan profesi berkelanjutan guru geografi SMA se Kabupaten Agam dalam aspek pengembangan diri sangat baik, aspek publikasi ilmiah rendah, dan aspek karya inovatif sangat rendah. 2) Hambatan yang dihadapi guru geografi se Kabupatn Agam dalam kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan guru ini adalah padatnya jam mengajar guru, kurangnya motivasi guru dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan, tidak adanya dana khusus dibeberapa sekolah, beberapa guru masih ada yang kurang terampil dalam penggunaan komputer/laptop dan kurangnya pengetahuan guru tentang tata cara penulisan karya ilmiah.(3) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas kegiatan ini adalah guru-guru tetap mengikuti kegiatan MGMP 1 kali dalam 1 mingu, kepala MGMP selalu memastikan setiap mingu guru membawa perangkat pembelajaran untuk materi pertemuan selanjutnya, dan beberapa guru selalu berupaya untuk menggunakan metode pembelajaran yang berbeda disetiap pertemuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

student

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Geography Education Geography ...