Jurnal Buana
Vol 4 No 4 (2020)

ANALISIS PROFESI GURU GEOGRAFI SMA DI KOTA SAWAHLUNTO GUNA PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN

Soya Shalati Muslimah (Unknown)
Rery Novio (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai Pengembangan Profesi Guru Geografi SMA di Kota Sawahlunto Guna Pengembangan Profesi Guru Berkelanjutan. Kajian penelitian ini difokuskan pada kegiatan berupa pengembangan diri¹ publikasi ilmiah² dan karya inovatif³ yang dapat mempengaruhi pengembangan profesi guru berkelanjutan. Jenis penlitian ini digolongkan menjadi penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini dikatahui bahwa pengembangan profesi guru geografi SMA di Kota Sawahlunto guna pengembangan profesi guru berkelanjutan tergolong rendah. (1) Kegiatan pengembangan diri guru geografi sebesar 46% termasuk kategori sedang. Kegiatan pengembangan diri dilihat dari aspek melanjutkan studi pasca sertifikasi, pelatihan yang diikuti, kegiatan sebagai narasumber, dan kegiatan lokakarya. (2) Kegiatan publikasi ilmiah guru geografi sebesar 28,3% termasuk kategori rendah. Kegiatan publikasi ilmiah dilihat dari aspek keaktifan guru dalam mebuat karya tulis, tulisan ilmiah populer dan publikasi buku teks. (3) Kegiatan karya inovatif guru geografi sebesar 34% termasuk kategori rendah. Kegiatan karya inovatif dilihat dari aspek keaktifan guru dalam menciptakan karya berupa media, seni dan metode.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

student

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Social Sciences

Description

The journal welcomes contributions in such areas of current analysis in: Geography Education Geography ...