Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2023): December

Penerapan Problem Based Learning dengan Menerapkan Teknik Windows Shopping untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Rachman, M. Yusuf Yusa (Unknown)
Fatkurochman, Henri (Unknown)
Juremi, Mukhamad (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2023

Abstract

UU No. 20 tahun 2003 mendefinisikan pendidikan sebagai upaya sadar dan terencana untuk menciptakan suasana belajar, memungkinkan siswa mengembangkan potensi spiritual, kepribadian, kecerdasan, akhlak, dan keterampilan yang berguna bagi diri, masyarakat, bangsa, dan negara. Problem Based Learning (PBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai konteks untuk mengajarkan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan memperoleh pengetahuan esensial dari materi pelajaran (Duch: Shoimin, 2014, P.30; Sudarman, 2005, P.69). PBL mendorong siswa belajar secara aktif dan berfokus pada penerapan pengetahuan dalam situasi nyata. Teknik window shopping adalah kegiatan dimana siswa belajar secara berkelompok untuk melakukan diskusi dalam kelompoknya yang kemudian hasil diskusi akan dijadikan sebagai barang pajangan untuk tukar informasi bersama kelompok lain. Jadi siswa tidak hanya duduk di kursi masing-masing, melainkan bebas berkeliling kelas untuk berdiskusi. Penelitian ini dilaksanakan dikelas XI-MIPA 4 SMAN 2 Tanggul dengan jumlah 36 siswa serta menggunakan kuisioner dan angket sebagai instrumen. Pada siklus I, berdasarkan hasil observasi menggunakan kuisioner motivasi belajar ditemukan bahwa >50% peserta didik memiliki motivasi belajar rendah. Kemudian pada siklus II, peneliti menerapkan teknik Windows Shoppingpada sintak PBL, setelah tindakan terdapat peningkatan dengan hasil <50% siswa memiliki motivasi belajar tinggi. Dapat disimpulkan bahwa menerapkan teknik Windows Shoppingdalam siklus model pembelajaran PBL dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) ISSN 3026-3166 is a scientific journal published by Indonesian Journal Publisher. JTP publishes four issues annually in the months of September, December, March, and June. This journal only accepts original scientific research works (not a review) that have not been ...