Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia
Vol. 2 No. 1 (2022): April

Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Geografi di Sekolah Menengah Atas

Huda, Rofi’ul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Model Pembelajaran Earthcomm merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam setiap variasi kegiatan yang mana siswa mencari sendiri pengetahuannya melalu konsep yang disampaikan oleh guru melalui permasalahn yang disediakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Earthcomm terhadap hasil belajar geografi siswa. jenis penelitian eksperimen semu (quast exsperimen). Desain penelitian Non Equivalent Group Control. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Earthcomm. Instrumen penelitian menggunkan soal esai yang telah di uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya beda soal.Berdasarkan analisis nilai pre-test dan post-test, rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 42,19 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 19,19. Hasil analisis uji t dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh data signifikansi adalah 0.000 < 0.005. hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Earthcomm berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Earthcomm berpengaruh terhadap hasil belajar geografi kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pelita

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pelita: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia. Jurnal Pelita merupakan jurnal yang memfokuskan kajiannya pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Tujuan jurnal ini lebih pada upaya untuk memberi terang keilmuan bagi kemajuan pada pendidikan di Indonesia. Jurnal ini menerbitkan beragam ...