Model Pembelajaran Earthcomm merupakan pembelajaran yang berfokus pada siswa dalam setiap variasi kegiatan yang mana siswa mencari sendiri pengetahuannya melalu konsep yang disampaikan oleh guru melalui permasalahn yang disediakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Earthcomm terhadap hasil belajar geografi siswa. jenis penelitian eksperimen semu (quast exsperimen). Desain penelitian Non Equivalent Group Control. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan variabel bebas yaitu model pembelajaran Earthcomm. Instrumen penelitian menggunkan soal esai yang telah di uji validitas, reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya beda soal.Berdasarkan analisis nilai pre-test dan post-test, rata-rata gain score kelas eksperimen lebih tinggi dengan skor 42,19 dibandingkan kelas kontrol dengan skor 19,19. Hasil analisis uji t dengan menggunakan independent sample t-test diperoleh data signifikansi adalah 0.000 < 0.005. hasil perhitungan ini membuktikan bahwa model pembelajaran Earthcomm berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar geografi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Earthcomm berpengaruh terhadap hasil belajar geografi kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Atas.
Copyrights © 2022