Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Maret

Penerapan Model Cooperative Learning Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Nasionalisme Siswa

Wicaksono, Dayu Alam (Unknown)
Yusuf, Nurbani (Unknown)
Widodo, Rohmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini: pertama untuk mengetahui penerapan model coorperative learning dalam pembelajaran PPKn untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang. Tujuan kedua, untuk mengetahui kendala dalam penerapan model coorperative learning dalam pembelajaran PPKn. Tujuan ketiga adalah untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan pembelajaran PPKn dilakukan dengan membentuk kelompok, guru juga membebaskan murid untuk membentuk kelompok sendiri. Pada pembelajaran PPKn dengan kelompok, guru di MTS Muhammadiyah 1 Malang membahas materi sesuai dengan pembelajaran PPKn. Guru juga membicarakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Kendala dalam penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran PPKn untuk membangkitkan rasa nasionalisme di MTs Muhamadiyah 1 Malang, di mana para siswa kurang tertarik pada materi pembelajaran, sehingga banyak siswa yang tidak mau bekerjasama dalam kelompok, siswa memilih teman dalam satu kelompoknya. Kedua, solusi yang diterapkan dengan strategi dengan bertujuan untuk memotivasi siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, ...