Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Peserta Didik dengan Metode Diskusi Interaktif di Sekolah Menengah Pertama

Ermawati, Ermawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik di dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, dapat dilakukan menggunakan metode diskusi interaktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil temuan pertama, hasil penelitian tentang metode diskusi interaktif untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode diskusi interaktif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Gandusari, Blitar telah mengalami peningkatan. Kedua, metode diskusi interaktif dapat juga meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas, ini dapat dilihat dengan jawaban peserta didik yang tidak hanya seperti buku teks, tetapi juga menyertakan contoh-contoh yang dialami oleh peserta didik dan juga mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Ketiga, setelah menerapkan metode diskusi, terjalin komunikasi yang saling membantu pelajaran secara komunikatif antara guru dengan peserta didik, dan peserta didik dengan peserta didik, serta membantu kepercayaan diri peserta didik dalam mengemukakan pendapatnya. Keempat, dengan menggunakan metode diskusi interaktif penguasaan materi pelajaran dapat dikuasai secara bersama-sama.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pijar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pijar : Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus ilmiah tentang bidang pendidikan dan pembelajaran serta media untuk mempromosikan hasil-hasil penelitian lapangan dan kajian literatur dari para peneliti, guru, dosen, ...