Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perwujudan nilai kemandirian pada peserta didik dengan pembelajaran campuran (blended learning). Metode penelitian menggunakan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menemukan, pertama, perencanaan pendidikan karakter mandiri melalui blended learning di Sekolah Menengah Kejuruan Kertosono telah disiapkan dalam silabus dan RPP yang telah dimodifikasi. Kedua, proses pelaksanaan pendidikan karakter mandiri melalui blended learning di Sekolah Menengah Kejuruan Kertosono yaitu proses pelaksanaan pembelajaran telah menggunakan metode, media pembelajaran dan sumber belajar yang beragam, mengintegrasikan karakter mandiri dalam pembelajaran, evaluasi pendidikan karakter mandiri melalui raport evaluasi. Ketiga, hasil pendidikan karakter mandiri melalui blended learning di Sekolah Menengah Kejuruan Kertosono yaitu terjadi perubahan kemandirian belajar dan kemandirian dalam perilaku sehari-hari yaitu peserta didik sudah menunjukkan tidak bergantung terhadap orang lain, memiliki kepercayaan diri, berperilaku disiplin, memiliki rasa tanggung jawab, berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri, dan dapat melakukan kontrol diri.
Copyrights © 2022