Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 1 (2021): Januari

Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Tarkuni, Tarkuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Mundakjaya Kabupaten Indramayu tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Mundakjaya Kabupaten Indramayu, berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket. Uji validasi menggunakan penilaian ahli, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis regresi linier sederhana. Dari perhitungan analisis regresi diperoleh nilai = 918,413 dan nilai Sig () = 0,000 lebih kecil dari pada tingkat yang digunakan (0,05) atau 0,000 ˂ 0,05, sehingga ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang berarti antara bimbingan belajar dengan prestasi belajar. Bimbingan belajar berpengaruh 0,970 atau 97%. Hal ini berarti bahwa meningkat atau menurunnya prestasi belajar ditentukan oleh bimbingan belajar sebesar 97%, sedangkan sisanya ditentukan oleh factor lain yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal penelitian yang bertujuan menyediakan diskursus dan praktis ilmiah dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Selain itu, jurnal ini mempromosikan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kajian literatur dan hasil penelitian lapangan (empiris) ...