Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi nilai-nilai dalam kelima sila Pancasila bagi peserta didik dengan pendekatan working ideology. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan pembacaan teks dengan membaca beberapa literatur. Teknik Analisis data dilakukan melalui pemetaaan dan interpretasi data. Hasil penelitian menemukan bahwa pertama, makna Pancasila adalah dasar negara Indonesia dengan menerapkan nilai religius, persatuan, kerakyatan, kemanusiaan, musyawarah mufakat, dan gotong royong. Kedua, implementasi nilai-nilai tersebut melalui pendekatan working ideology adalah dengan melakukan habituasi nilai pada peserta didik di sekolah. Peserta didik tidak hanya diajarkan tetapi mereka juga melestarikan dan menjaga nilai-nilai tersebut agar tetap utuh. Sebelum terbentuknya Pancasila tentu telah terjadi proses perumusan yang sangat panjang melalui diskusi dan usulan-usulan dari para tokoh besar bangsa. Rekomendasi penelitian, peserta didik tidak hanya diajarkan tetapi mereka juga melestarikan dan menjaga nilai-nilai tersebut agar tetap utuh. Sebelum terbentuknya Pancasila tentu telah terjadi proses perumusan yang sangat panjang melalui diskusi dan usulan-usulan dari warga negara.
Copyrights © 2022