Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan hal ihwal kreativitias guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam menerapkan metode pembelajaran berbasis teknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menemukan, pertama, kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran PPKN kurang bervariatif. Hal ini dibuktikan dari penggunaan metode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas. Kedua, kreativitas guru dalam penggunaan metode pembelajaran belum bervariatif dan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah direncanakan dan kurang memperhatikan karakteristik dari pada peserta didik di kelas dan juga materi pelajaran yang diajarkan, kurangnya penguasaan materi seluruhnya berdampak terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka, guru sebaiknya menggunakan metode yang berbeda di dalam pembelajaran, khususnya dalam pemilihan metode pembelajaran yang berbeda dan tidak hanya terpaku pada satu, dua atau tiga metode pembelajaran.
Copyrights © 2022