Penelitian ini dilatarbelakangi oleh situasi pembelajaran yang hasil belajar peserta didik mengalami masalah terkait hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang sistem pencernaan manusia melalui pendekatan Problem Based Learning yang lebih humanis. Metode penelitian tersebut memungkinkan siswa untuk belajar secara kolaboratif dalam menyelesaikan masalah-masalah yang relevan dengan kehidupan nyata, sehingga materi pembelajaran dapat dipahami dengan cara yang lebih mendalam dan bermakna. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam capaian belajar siswa setelah menerapkan metode baru ini. Persentase ketuntasan belajar naik dari 75% pada siklus pertama menjadi 84,61% pada siklus ketiga. Hal ini menandakan bahwa pendekatan Problem Based Learning ternyata mampu mendorong siswa untuk lebih aktif berpikir kritis dan bekerja sama dalam mengembangkan pemahaman. Rekomendasi penelitian ini bagi peserta didik untuk mempraktikkan Problem Based Learning agar meningkatkan kemampuan sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Para guru juga dapat menggunakan Problem Based Learning dalam pembelajaran agar peserta didik sehingga bisa meningkatkan dimensi kognitif, afektif dan psikomotorik.
Copyrights © 2022