Digitalisasi merupakan kegiatan pemasaran dengan promosi melalui media sosial yang memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk memperkenalkan atau menyebarluaskan informasi tentang berbagai potensi-potensi yang ada di desa Sindang Panjang. Metode yang digunakan observasi, sosialisai dan pelatihan, untuk membantu kegiatan implementasi digitalisasi yang dilakukan adalah membuat akun media sosial dan website. Hasil observasi yang dilakukan di lapangan bahwa potensi desa Sindang Panjang sangat beragam namun keseluruhan potensi desa belum banyak dikenal oleh masyarakat luar. Adapun potensi desa terdiri dari pertanian, peternakan, pariwisata, kuliner, kerajinan ataupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Inovasi dan Penggunaan media sosial sebagai alat promosi desa masih terlalu pasif, hal ini karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang teknologi dan keterampilan. Adapun kegiatan yang dilakukan di desa Sindang Panjang diantaranya pemahaman tentang berbagai media sosial yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi pada digital marketing, Pelatihan dan pendampingan pembuatan konten, Pelatihan pengoperasian website desa Sindang Panjang. Hasil kegiatan yang dilakukan di desa Sindang Panjang semua peserta menunjukkan minat yang antusias untuk menggunakan promosi dengan media sosial sebagai sarana pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pemahaman dan pelatihan diharapkan dapat mengubah masyarakat terutama pelaku usaha agar lebih berinovasi dalam menjalankan usahanya melalui digitalisasi.
Copyrights © 2022