At-Tajdid: Journal of Islamic Studies
Vol 2, No 3 (2022): Juli 2022

Pendanaan, Kurikulum dan Guru sekolah Islam: Kebijakan Pendidikan Islam di Jerman

Masrul Hakim (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Hairunnas Hairunnas (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Helmiati Helmiati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Artikel ini dimaksudkan untuk menunjukkan kebijakan negara Jerman terhadap sekolah-sekolah Islam. Fokus kajian mencakup tiga hal yang saling terkait: kebijakan pendanaan pendidikan, Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), dan pemberdayaan guru PAI. Data dari literatur yang relevan dikumpulkan dan dianalisis menggunakan pendekatan analitik kualitatif. Hasil utama dari survei ini adalah: Pertama, dari sisi pendanaan, Jerman hanya mendanai gaji guru PAI. Kedua, Jerman memasukkan PAI di sekolah umum untuk kebijakan kurikulum. Ketiga, Jerman mewajibkan guru untuk mengambil kuliah teologi Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

At-tajdid

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

At-Tajdid: Journal of Islamic Studies (E-ISSN: 2809-3941) diterbitkan oleh Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau pertama kali pada bulan Oktober tahun 2021. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Oktober, Januari, April dan Juli berisi tulisan/artikel ...